Kamis, 15 November 2012

IMPLEMENTASI RUMUS FISIKA DALAM TEKNOLOGI MIKROKONTROLER UNTUK MOTIVASI BELAJAR SISWA


Implementasi materi dalam proses belajar mengajar bagi peserta didik sangatlah penting. Hal ini sangat dibutuhkan sebuah motivasi untuk menstimulasi kinerja proses tersebut. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bisa dilakukan dengan cara memberikan gambaran kongkret manfaat dan implementasi dari apa yang mereka pelajari. Pemaksaan terhadap siswa untuk selalu memperhatikan dan serius dalam pembelajaran tanpa disertai dengan implementasi kongkret, akan menjadi bom waktu bagi siswa untuk melawan dan hilangnya motivasi itu sendiri.
Materi konversi suhu dalam 4 satuan ,yakni Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin, kami angkat untuk menjadi salah satu contoh implementasi pembelajaran. Materi ini dikombinasikan dalam pembuatan alat ukur suhu digital dengan tampilan 4 satuan pada LCD sekaligus. Siswa bekerja sama dengan guru membuat alat ini dengan mengiplementasikan rumus konversi suhu dengan 4 satuan tersebut.
Rumus konversi suhu yang telah diajarkan di kelas kemudian diprogramkan pada microcontroller Arduino dengan penyesuaian bahasa pemrograman yang telah diajarkan pada siswa dalam pelajaran Mekatronika di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Siswa diharapkan tertantang untuk membuat alat ini, sehingga timbul motivasi belajar di kelas terkait materi yang dibutuhkan. Konsep ini bisa diterapkan pada materi lain, apalagi ada usaha untuk membuat integrasi antarmata pelajaran demi terwujudnya motivasi siswa dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar