Implementasi materi dalam proses belajar mengajar bagi peserta didik
sangatlah penting. Hal ini sangat dibutuhkan sebuah motivasi untuk menstimulasi
kinerja proses tersebut. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bisa
dilakukan dengan cara memberikan gambaran kongkret manfaat dan implementasi
dari apa yang mereka pelajari. Pemaksaan terhadap siswa untuk selalu
memperhatikan dan serius dalam pembelajaran tanpa disertai dengan implementasi
kongkret, akan menjadi bom waktu bagi siswa untuk melawan dan hilangnya
motivasi itu sendiri.
Materi konversi suhu dalam 4 satuan ,yakni Celcius, Reamur, Fahrenheit,
dan Kelvin, kami angkat untuk menjadi salah satu contoh implementasi pembelajaran.
Materi ini dikombinasikan dalam pembuatan alat ukur suhu digital dengan
tampilan 4 satuan pada LCD sekaligus. Siswa bekerja sama dengan guru membuat
alat ini dengan mengiplementasikan rumus konversi suhu dengan 4 satuan
tersebut.
Rumus
konversi suhu yang telah diajarkan di kelas kemudian diprogramkan pada
microcontroller Arduino dengan penyesuaian bahasa pemrograman yang telah
diajarkan pada siswa dalam pelajaran Mekatronika di SMP Muhammadiyah 12 GKB
Gresik. Siswa diharapkan tertantang untuk membuat alat ini, sehingga timbul
motivasi belajar di kelas terkait materi yang dibutuhkan. Konsep ini bisa
diterapkan pada materi lain, apalagi ada usaha untuk membuat integrasi
antarmata pelajaran demi terwujudnya motivasi siswa dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar